Sabtu, 19 November 2011

Resep Pesmol Ikan mujaer nila


hehehhee.....sewaktu ambil foto ini, kayak lagi demam pesmol, hampir semua temen uploadnya foto pesmol....mbak yunita yang mulanya menyebarkan demam pesmol, aku tertarik soalnya biasanya aku masak pesmol nggak seperti ini...ini agak berkuah jadi seger deeh... klo aku bilang mungkin ini lebih ke masak acar ....ya mirip seperti ini rasanya....tapi beda koki beda resep, beda daerah juga beda penyebutan.. ^_^

Kayanya ikan apa aja enak..apalagi gurame hmmmmm

klo mau coba ..hayuuk coba deh...

PESMOL MUJAER
1 kg ikan mujaer/gurame/kakap
8 bh bawang putih
3 cm kunyit
gara, secukupnya

Bumbu iris:

7 bh bawang putih
6 bh bawang merah
3 bh cabe merah

Bahan/bumbu pelengkap:

2 lmbr daun salam
4 lmbr daun jeruk, sobek2
2 btg sereh, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
3 bh wortel, iris memanjang spt korek api
1 bh ketimun, iris memanjang spt korek api juga
4-5 bh jeruk nipis (kalau suka asam, bisa ditambah.kl ga suka, dikurangi aja)
15 bh cabe rawit utuh


Bumbu halus:

15 bh bawang putih
10 bh bawang merah
5 bh kemiri, sangrai/bakar
6 cm kunyit (bisa ditambah biar kuningnya cantik)
500 ml air (bisa ditambah/dikurangi)
garam & gula secukupnya

Cara membuat:

1. Ikan: haluskan bawang putih, kunyit & garam, olesi badan ikan dengan bumbu tersebut. Diamkan beberapa saat, goreng, tiriskan
2. Tumis bumbu yg diiris hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh. Aduk hingga layu.
3. Masukkan bumbu halus, aduk hingga bumbu halus matang.
4. Tambahkan wortel & air. Masak hingga wortel matang.
5. Masukkan garam, gula & air jeruk nipis, tes rasa.
6. Masukkan ikan mujaer & ketimun. aduk sebentar (agar tidak hancur). Biarkan mendidih & bumbu meresap ke dalam ikan.

Note : ini kebetulan aku gak punya ketimun, jadi gak pake ketimun deeh ..hihihi

happy cooking ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar